Tato: Memahami risiko dan tindakan pencegahan

Tato mungkin lebih umum dari sebelumnya, tapi tidak mengambil tato ringan. Berikut tentang Mengetahui risiko dan memahami tindakan pencegahan keselamatan dasar dan langkah-langkah aftercare dari tato.

Anda bisa menjadi bangga dengan memiliki tato baru dalam hitungan jam - tapi jangan biarkan kemudahan mendapatkan tato menghentikan Anda dari membuat keputusan yang bijaksana tentang seni tubuh permanen. Sebelum Anda mendapatkan tato, pastikan Anda tahu apa yang terlibat. Juga, pastikan bahwa tato adalah keputusan yang tepat untuk Anda.



Bagaimana tato dilakukan

Sebuah tato adalah tanda permanen atau desain yang dibuat pada kulit Anda dengan pigmen dimasukkan melalui menusuk ke dalam lapisan atas kulit. Biasanya, artis tato menggunakan mesin genggam yang bertindak seperti mesin jahit, dengan satu atau lebih jarum menusuk kulit berulang kali. Dengan tusukan setiap jarum memasukkan tetesan tinta kecil. Proses - yang dilakukan tanpa anestesi - menyebabkan sejumlah kecil perdarahan dan sedikit rasa sakit berpotensi signifikan.


Mengetahui risiko

Tato melanggar kulit, yang berarti bahwa kulit infeksi dan komplikasi lain yang mungkin. 
Risiko spesifik meliputi:

  • Reaksi alergi. Tattoo pewarna - terutama merah, hijau, pewarna kuning dan biru - dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit, seperti gatal-gatal di situs tato. Hal ini dapat terjadi bahkan bertahun-tahun setelah Anda mendapatkan tato.
  • Infeksi kulit. Sebuah infeksi kulit - yang mungkin menyebabkan kemerahan, pembengkakan, nyeri dan drainase nanah seperti - mungkin setelah tato.
  • Lainnya masalah kulit. Kadang benjolan yang disebut bentuk granuloma sekitar tinta tato. Tato juga bisa menyebabkan keloid - bidang yang dikemukakan disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jaringan parut. 
  • Melalui darah penyakit. Jika peralatan yang digunakan untuk membuat tato terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi, Anda dapat kontrak penyakit melalui darah - termasuk tetanus, hepatitis B dan hepatitis C. 
  • Komplikasi MRI. Jarang, tato atau riasan permanen dapat menyebabkan pembengkakan atau terbakar di daerah yang terkena selama magnetic resonance imaging (MRI) ujian. Dalam beberapa kasus, pigmen tato dapat mengganggu kualitas gambar - seperti ketika seseorang yang memiliki eyeliner permanen memiliki MRI mata. 
Pengobatan atau perawatan lainnya - termasuk penghapusan kemungkinan tato - mungkin diperlukan jika Anda mengalami reaksi alergi terhadap tinta tato atau Anda mengembangkan infeksi atau masalah kulit lainnya di dekat tato.

Pastikan Anda siap

Sebelum Anda mendapatkan tato, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar ingin berinvestasi dalam seni tubuh permanen. Jika Anda tidak yakin atau khawatir bahwa Anda mungkin menyesal suatu hari nanti, berikan diri Anda lebih banyak waktu untuk berpikir tentang hal itu. Jangan biarkan diri Anda ditekan untuk mendapatkan tato, dan tidak mendapatkan tato jika Anda berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan.

Jika Anda memutuskan untuk pergi membuat tato, hati-hati dalam memilih lokasi pembuatan tato. Pertimbangkan apakah Anda ingin tato agar terlihat atau tersembunyi di bawah pakaian. Juga ingat bahwa penambahan berat badan - termasuk kelebihan berat badan kehamilan - mungkin mendistorsi tato atau mempengaruhi penampilan.
 

Bersikeras tindakan pencegahan keselamatan

Untuk memastikan tato Anda akan diterapkan dengan aman, berikut jawaban atas pertanyaan-pertanyaan:
 
  • Siapa yang melakukan tato tersebut? Jangan mencoba untuk tato sendiri atau membiarkan seorang teman yang tidak terlatih untuk melakukan tato tersebut. Pergi ke sebuah studio tato terkemuka yang mempekerjakan karyawan hanya benar terlatih. Perlu diketahui bahwa regulasi persyaratan dan standar perizinan bervariasi dari negara ke negara. Periksa dengan kota Anda, daerah atau negara departemen kesehatan untuk informasi tentang lisensi dan peraturan setempat. 
  • Apakah sarung tangan artis memakai tato? Pastikan artis tato mencuci tangan nya dan memakai sepasang sarung tangan pelindung segar untuk setiap prosedur. 
  • Apakah artis tato menggunakan peralatan yang tepat? Pastikan artis tato menghilangkan jarum dan tabung dari paket disegel sebelum prosedur Anda dimulai. Setiap pigmen, nampan atau wadah harus digunakan juga.
  • Apakah artis tato mensterilkan peralatan nondisposable? Pastikan seniman tato menggunakan mesin panas sterilisasi (autoclave) untuk mensterilkan semua peralatan nondisposable antara pelanggan. Instrumen dan perlengkapan yang tidak bisa disterilkan dengan autoclave - termasuk laci, meja menangani dan tenggelam - harus didesinfeksi dengan disinfektan komersial atau larutan pemutih setelah setiap kali digunakan.  
Rawatlah tato Anda

Bagaimana Anda merawat tato baru Anda tergantung pada jenis dan tingkat pekerjaan yang dilakukan. Biasanya, bagaimanapun, Anda harus:

  • Lepas perban setelah 24 jam. Terapkan salep antibiotik pada kulit tato sementara itu masih proses penyembuhan.
  • Jaga kulit bertato tetap bersih. Gunakan sabun biasa dan air dan sentuhan lembut. Sementara mandi, hindari aliran langsung dari air pada kulit yang baru ditato. Pat - jangan menggosok - daerah kering. 
  • Gunakan pelembab. Oleskan pelembab ringan pada kulit bertato beberapa kali sehari. 
  • Hindari paparan sinar matahari. Menjaga area tato dari paparan matahari setidaknya untuk beberapa minggu.
  • Hindarilah berenang. Tetap keluar dari kolam renang, kolam air panas, sungai, danau dan badan air lainnya sambil menusuk Anda adalah penyembuhan.  
  • Pilih pakaian dengan hati-hati. Jangan memakai apapun yang mungkin bisa menempel pada tato.
  • Biarkan hingga 2 minggu untuk penyembuhan. Jangan memilih pada setiap scabs, yang meningkatkan risiko infeksi dan dapat merusak desain dan menyebabkan jaringan parut.
Jika Anda berpikir tato Anda mungkin terinfeksi atau Anda khawatir bahwa tato Anda tidak sembuh dengan benar, hubungi dokter segera. Jika Anda tertarik pada penghapusan tato, tanyakan dokter kulit tentang operasi laser atau pilihan lain untuk menghilangkan tato anda. 
  

2 komentar:

  1. Permisi min, numpang promo nih, silahkan dihapus kalau melanggar (y) :)
    bagi kalian yang tertarik sama seni tato/tattoo silahkan berkunjung di blog saya, sekedar cucimata atau untuk mencari inspirasi buat berkarya.

    Kumpulan gambar tato, tribal, naga, salib, huruf/tulisan, dan masi banyak lagi desain tato yang keren-keren.
    Silahkan berkunjung ke sini >> http://gambar-tato.blogspot.com <<

    Terima Kasih :)

    BalasHapus